June 17, 2013

Sejarah Superman



Untuk pertama kali Superman: The Movie dirilis pada 1978, film superhero yang disutradarai Richard Donner diangkat dari cerita komik DC Comics itu, langsung menjadi idola dunia. Karakter superhero yang kali pertama dilakoni oleh Christopher Reeve itu, seketika mengantarkan namanya menjadi ikon yang tak terpisahkan dengan sosok Superman.

Christopher Reeve berlakon memerankan sosok Clark Kent ketika menyamar sebagai manusia biasa, dan menjelma menjadi Superman, ketika ada bahaya. Dikisahkan Superman adalah kelahiran planet Krypton dengan nama lahir Kal-El, sebelum terlempar ke planet bumi, dan menjelma Superman dengan kekuatan yang maha dahsyat.

Misi Superman di planet bumi hanya satu. Mengabdi dan menyelamatkan planet ini dari segala ancamamannya. Dan untuk menutupi identitasnya, dia bekerja di Metropolis di harian Daily Planet, sebagai seorang reporter bernama Clark Kent. Reeve sebelum terpilih menjadi sosok Kent dan Superman, sebelumnya harus menyisihkan lebih dari 200 aktor yang mengikuti audisi untuk mendapatkan peran bergengsi itu.

Via versi film itu, kisah komik Superman, yang kali pertama dirilis pada tahun 1951, dengan judul Superman and the Mole Men, sebelum dibeli oleh ilya dan Alexander Salkind serta Pierre Spengler pada 1974, menjadi legenda hidup hingga sekarang. Karena sejak film Superman (1978) dan Superman II (1980) dirilis, film itu masih menjadi pembicaraa. Demikian halnya dengan film Superman III (1983), dan Superman IV: The Quest for Peace (1987).

Setelah  lebih dari 15 tahun, seri kelima Superman, yaitu Superman Returns, yang merupakan sekuel dari film Superman dan Superman II arahan Bryan Singer, dirilis pada 2006, bersamaan dengan film Superman II: The Richard Donner Cut, yang merupakan film arahan Donner yang belum sempat dirilis, kala itu. Sayangnya, di film Superman Returns, keuntungan yang didapat tidak sesuai dengan harapan rumah produksi film Warner Bros.

Pada Superman II (1980) Richard Lester selaku sutradara masih menggunakan nama Christopher Reeve, yang kadung menjadi ikon. Sedangkan lawan mainnya adalah Gene Hackman, Terence Stamp, Ned Beatty, Sarah Douglas, Margot Kidder, dan Jack O'Halloran. Di seri kedua ini, sayangnya film ini dinilai gagal. Dengan hanya mendapatkan pemasukan sebesar 108 juta dolar AS. Atau tidak ada separuhnya dari pemasukan seri pembuka dan pertamanya.

Superman III (1983) yang dibungkus dengan melaraskan antara unsur aksi dan komedi, yang masih dibesut Richard Lester, bahkan jauh lebih parah hasil akhirnya. Nama Christopher Reeve sebagai pelakon utamanya bersama  Richard Pryor, Annette O'Toole, Annie Ross, Pamela Stephenson, dan Robert Vaughn, belum mampu membangkitkan kisah sukses film Superman pertama, bahkan keduanya. Secara finansial dan kritikan jeblok semua hasilnya.

Raihan pemasukan seri ini hanya sebesar 59 juta dolar AS untuk pasar domestik, dan pasar dunia mendapatkan 70 juta dolar AS. Kritik banyak menuding, karena faktor komedinya yang membuat film ini hancur di pasaran. Meski di saat bersamaan, akting Reeve dipuji, karena menampilkan sosok Superman dengan nuansa lebih gelap, atau Superman yang korup. Sedangkan pada Superman IV: The Quest for Peace yang dirilis pada 1987 dan diarahkan Sidney J Furie, hasilnya juga kurang menggembirakan.
Setelah kekosongan film Superman dalam waktu lama, pada 2006, akhirnya film Superman Returns menyapa publik dunia. Film arahan Bryan Singer ini juga diikhtiarkan sebagai instalasi pamungkas atau penutup kisah saga Superman.

Sayangnya, meski telah menunggu lebih dari 15 tahun, Superman Returns, yang merupakan seri kelima itu, juga mengalami kegagalan yang sangat memalukan ketika diedarkan. Dengan pemasukan hanya pada kisaran 15 juta dolar AS.
Film yang diniatkan sebagai sekuel film Superman (1978) dan Superman II (1980), dan mengabaikan jalan cerita film Superman III (1983) dan Superman IV: The Quest for Peace (1987), memercayakan aktor utamanya kepada Brandon Routh. Routh beradu akting dengan Kate Bosworth, Kevin Spacey, James Marsden, Frank Langella, dan Parker Posey. Superman versi Routh dikisahkan kembali lagi ke planet bumi, setelah lima tahun dia tinggalkan.

Sekali lagi, sayangnya, film yang juga telah memasukkan unsur romansa, dengan kembali menautkan jalinan kasih antara Clark Kent/ Superman dengan Lois Lane (Kate Bosworth) sebelum akhirnya kembali berseteru dengan Lex Luthor (Kevin Spacey) hasilnya dinilai kurang memuaskan. Meski film Superman Returns mendapatkan review yang positif, dan mendapatkan berbagai nominasi di berbagai awarding. Tapi Warner Bros. tetap saja kecewa dengan pendapatan 391 juta dolar AS, setelah diedarkan di seluruh dunia.
Nah, karena kecewa dengan pemasukan film Superman Returns itulah, Warner Bros. merilis ulang lagi film itu dalam racikan yang diklaim sangat berbeda. Dengan menggaet Zack Snyder sebagai sutradaranya dan David S Goyer (skenario) untuk menghadirkan Superman: Man of Steel. Dalam film ini, tokoh sentral Superman dipercayakan kepada Henry Cavill. Sedangkan Amy Adams berlakon sebagai Lois Lane, Michael Shannon (General Zod), Diane Lane (Martha Kent), Kevin Costner (Jonathan Kent), Laurence Fishburne (Perry White) dan Russell Crowe (Jor-El).

Proses syuting film ini telah dimulai pada Agustus 2011 lalu, dengan mengambil lokasi syuting di West Chicago, dan Illinois sebelum berpindah ke Plano, Illinois juga Vancouver, Kanada.
Dengan bujet pembuatan sebesar 225 juta dolar AS, sanggupkah Henry William Dalgliesh Cavill, aktor kelahiran 1983 di Inggris itu, kembali membangkitkan nama besar Superman. Yang telanjur identik dengan sosok tak tergantikan Reeve? Apakah aktor yang telah tampil di film The Count of Monte Cristo, Stardust dan Immortals, serta berlakon sebagai Charles Brandon, 1st Duke of Suffolk, dalam serial film The Tudors, dari tahun 2007 hingga 2010 itu, akan menciptakan eranya sendiri?

3 comments: